Capaian Pembelajaran Lulusan

Program studi sarjana Teknik Kimia ITK memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan kriteria sebagai berikut : 

 

  1. Mampu untuk berkomunikasi efektif secara lisan dan tulisan dengan audiens yang bervariasi.
  2. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, menyelesaikan permasalahan kompleks, serta mengambil keputusan dengan mempertimbangkan dampaknya pada aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan serta memanfaatkan teknologi informasi dan potensi sumber daya nasional dalam perspektif global.
  3. Mampu berkolaborasi secara efektif dalam tim multi disiplin dan budaya yang beragam, serta bersama-sama memiliki jiwa kepemimpinan untuk mencapai tujuan.
  4. Mampu mengaplikasikan nilai Pancasila, etika dan tanggung jawab profesional.
  5. Mampu menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat dan menerapkan pengetahuan tersebut sesuai kebutuhan dengan strategi pembelajaran yang tepat.
  6. Mampu menerapkan konsep-konsep ilmu pengetahuan alam, matematika teknik dalam kasus teknik kimia
  7. Mampu memecahkan masalah keteknikan dalam proses, sistem pengolahan, dan peralatan untuk mengubah bahan mentah menjadi produk yang memiliki nilai tambah dengan memperhatikan faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan masyarakat, budaya, sosial dan lingkungan.
  8. Mampu merancang dan mengendalikan proses, sistem pengolahan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk bernilai tambah dengan pendekatan analitis dan memperhatikan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan aplikasi, keberlanjutan, dan dengan mempertimbangkan ekonomi. , faktor kesehatan dan keselamatan publik, budaya, sosial dan lingkungan