Platform Jurnal Ilmiah Berbasis Open Journal System (OJS) pada Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Kalimantan

Penelitian - 10 November 2022 - 12:00 AM

Seorang dosen memiliki kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Penelitian. Sebagai upaya pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kualitas prodi di bidang riset dan publikasi, Program Studi Teknik Kimia (PSTK) akan menerbitkan Platform Jurnal Ilmiah berkualitas dengan nama “Azeotrope: Journal of Chemical Engineering & Applied Chemistry” dengan Dosen PSTK Rizqy Romadhona Ginting, S.T., M.T sebagai Editor-in-Chief. Jurnal Ilmiah ini akan terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli & November.

Call for Paper untuk Jurnal Ilmiah ini akan dimulai pada bulan April 2023 dengan target sasaran utama Dosen Teknik Kimia ITK dan mitra kolaborasi PSTK. Terbitan pertama pada bulan November 2023 akan terdiri dari minimal 8 artikel ilmiah berkualitas dalam Bahasa Inggris dengan Topik Energi, Pengolahan Limbah, Unit Operasi, Termodinamika, Simulasi Proses, Pengembangan dan Penerapan Material Baru, Teknik Reaksi Kimia, Biokimia, & Biomassa.

Untuk menjadikan Jurnal Ilmiah ini sebagai salah satu Jurnal rujukan di bidang Teknik Kimia di Indonesia maka perlu dilakukan prosedur indeksasi dan akreditasi Jurnal Ilmiah. Pendaftaran International Standard Serial Number (ISSN) dan Digital Object Identifier (DOI) akan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2023. Pendaftaran indeksasi Google Scholar akan dilakukan pada bulan Januari 2024 serta diharapkan pada bulan Januari 2025 Jurnal Ilmiah ini dapat terakreditasi minimal S2 oleh SINTA.

Jurnal Ilmiah ini juga diharapkan dapat memacu semangat meneliti bagi Peneliti di bidang Teknik Kimia dan Kimia Terapan di Indonesia pada umumnya, dan Dosen dan Mahasiswa di Prodi Teknik Kimia pada khususnya. Bagi calon penulis yang ingin mempublikasikan hasil penelitian di Jurnal Ilmiah ini dapat mengunduh Panduan Penulisan dan Template Artikel di Website Jurnal. Semoga dengan pembuatan Platfrom Publikasi Ilmiah ini dapat membawa PSTK ITK menjadi Center of Excellence bidang penelitian di Kalimantan yang #Unggul&Terpercaya!

Link : https://journal.itk.ac.id/index.php/azeotrope