Peserta Pertukaran Pelajar Ke Universitas Prince Songkla, Thailand

Umum & Populer - 13 Mei 2022 - 12:00 AM

Pada tanggal 12 Juni 2021, IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) baru saja membuka pendaftaran bagi seluruh mahasiswa Indonesia untuk mengikuti program pertukran pelajar ke seluruh Universitas-univeritas di dunia. Program ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dan Kemendikbudristek yang dimana program ini terbuka untuk semua mahasiswa S1 yang terdaftar di institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Ditjen Dikti. Salah satu mahasiswa dari Program Studi Teknik Kimia ITK lolos dalam seleksi pertukaran pelajar yang diadakan oleh IISMA. Mahasiswa tersebut yaitu bernama Fitri Amanda, berikut tanggapan dari Fitri Amanda terkait pengalaman yang diperoleh selama mengikuti pertukaran pelajar.

“Pertama kali tiba di kota ini jujur culture shock nya sangat banyak ya terutama dari makanan lokal yang memiliki rasa yang hampir semua terasa asam, kemudian penggunaan Bahasa Inggris mereka yang masih terdapat logat Thai nya hehehe. Dosen, teman-teman asli dari Thailand, pekerja kantin, pekerja asrama semua nya sangat ramah.”

“Fasilitas di kampus ini juga sangat nyaman dan bagus seperti gym, kolam renang, jogging/running track dengan pemandangan danau kampus yang cantik, ATM beserta bank nya, rumah sakit, vending machine, dan perpustakaan 7 lantai wiih besar banget kan perpustakaan nya.”

“Sesi kelas pada saat kuliah pun tidak kalah menarik nya dan saya mendapatkan ilmu baru tentang bisnis, dimulai dari yang paling basic seperti human resource management hingga hanya satu fokusan saja seperti food business. Dan yang paling menarik ketika kelas (sayangnya kelas masih dilakukan secara daring) yaitu dimana nama zoom hanya perlu nama panggilan saja, jadi suasana kelas antara mahasiswa dengan dosen terasa dekat. Dan biasa nya nama orang Thai juga panjang banget wkwkwk. Yang sedikit disayangkan disini yaitu sulit mencari tempat ibadah untuk orang muslim.”

“Sejauh ini program nya asik, banyak kegiatan cross culture (tukar budaya) terutama pada saat Hari Kartini. Tidak hanya bertemu dengan teman teman baru dari berbagai negara tapi juga ketemu dengan teman teman dari Indonesia dari berbagai Universitas.”

“Menurut saya IISMA ini suatu kesempatan yang sangat bagus untuk seluruh mahasiswa karena program IISMA sendiri tidak memandang dari segi Univeristas jadi IISMA sendiri menyeleksi mahasiswa mahasiswa dari seluruh Universitas secara adil. Dan saran saya coba saja IISMA dan jangan minder untuk mencoba nya karena kapan lagi mendapatkan kesempatan seperti ini dan 100% dibiayain. Dan sekali kamu mendapatkakn kesempatan ini yang bangga tidak hanya dirimu tetapi orang tua, teman dan tentu saja kampus pasti sangat bangga.”