OPEN TALK AKADEMIK – Semangat Berkarya Ciptakan Iklim Unggul dan Berprestasi

Teknik Kimia - 08 Agustus 2023 - 12:00 AM

Departemen Kesejahteraan Mahasiswa HIMATEKKIM ITK menyelenggarakan kegiatan Open Talk dan Talkshow Akademik bagi mahasiswa Program Studi Teknik Kimia pada hari Rabu kemarin (26/07/2023).  Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan informasi mengenai sosialisasi akademik persiapan perkuliahan semester gasal tahun 2023/2024. Kegiatan ini mengangkat 4 topik penting dalam perkuliahan semester gasal yaitu Pertukaran Mahasiswa, KP dan Magang MSIB, Penelitian dan Perencanaan Akademik.

Kegiatan dibuka dengan sesi talkshow bersama pemateri dari angkatan 2020 yaitu Steve Geraldy Pala’langan yang membahas seputar Pertukaran Mahasiswa. Pemateri memberikan informasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum mengikuti pertukaran mahasiswa. Kemudian sesi talkshow dilanjutkan bersama 2 pemateri dari angkatan 2019 yaitu Fajar Rivani dan Etni Jechonia Malchieli yang membahas tentang Kerja Praktik dan Magang MSIB. Pemateri menjelaskan apa saja perbedaan dan persiapan dari KP dan Magang MSIB.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi akademik mengenai  Perencanaan Akademik Semester Gasal, Penelitian, Kerja Praktik dan Tugas Desain Pabrik Kimia yang dibawakan oleh dosen Program Studi Teknik Kimia yaitu Bapak Asful Hariyadi, S.T., M.Eng. Kemudian acara ditutup dengan pemberian awarding kepada mahasiswa peraih IPS tertinggi tiap angkatan, yaitu Istiana Maulidah dengan IPS 3,67 dari Angkatan 2022, Evelyn Elaine Faustine dengan IPS 3,74 dari angkatan 2021, Andini Angelina Putri dan Muhammad Zulfikar dengan IPS 3,89 dari angkatan 2020 serta kenaikan IPS tertinggi yaitu Aaron Julian Sali dengan selisih kenaikan 2,95 dari Angkatan 2020. Pemberian awarding juga diberikan kepada para pemenang lomba dan pendanaan, yaitu Aulya Khairunnisa sebagai pemenang lomba SPE Balikpapan, tim lolos pendanaan PKM KC yaitu Syifa Syahnanda H, Nadiya Riska dan Anestasya Yosep, tim lolos pendanaan PKM RE yaitu Abdiel Roben, Zulmilafatma, Nurlita Arini, Nylma Tesy, Fransiska Reka Liling Tasik dan Ananda Nabilla, tim lolos pendanaan P2MW yaitu Rifdha Salsabila Prastika, Rio Marlino dan Chandra Khairin Anwar. Harapannya dengan awarding tersebut, mahasiswa semakin semangat dalam belajar dan meningkatkan IPK mahasiswa PSTK ITK.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan semangat mahasiswa PSTK ITK untuk terus Semangat Berkarya Ciptakan Iklim Unggul dan Berprestasi.