Open Talk Akademik Program Studi Teknik Kimia ITK

Teknik Kimia - 24 Januari 2024 - 12:00 AM

Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Kalimantan menyelenggarakan kegiatan Open Talk dan Sosialisasi Akademik bagi mahasiswa Program Studi Teknik Kimia pada Selasa (16/01/2024). Materi utama yang dibahas meliputi pemaparan akademik, prosedur FRS, perencanaan akademik, pengalaman PKMM, KKN Kebangsaan, Magang MSIB, sharing tips and trick, chem e car, penelitian, TDPK dan awarding untuk mahasiswa dengan kenaikan IPS dan IPS tertinggi untuk angkatan 2021, 2022, 2023, serta untuk pemenang lomba. Dengan pemateri Dr. Eng. Lusi Ernawati, M.Sc. selaku Koordinator Program Studi Teknik Kimia ITK. 

Kegiatan diawali dengan registrasi kehadiran, kemudian sambutan dari Ibu Dr. Eng. Lusi Ernawati, M.Sc. sebagai Koordinator Program Studi Teknik Kimia ITK yang baru dengan masa kepengurusan 2023-2027. Dilanjutkan penyampaian visi misi dan jajaran dosen yang mengajar selama kegiatan akademik PSTK ITK dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh ibu Dr. Eng. Lusi Ernawati, M.Sc. tentang akademik, beberapa materi yang dipaparkan yaitu Akreditasi ASIIN B, Perwalian dan FRS, Menambah dan menghapus mata kuliah, Perencanaan Studi Mahasiswa, peraturan Akademik yang perlu diperhatikan Mahasiswa, pelanggaran Akademik, Syarat kelulusan, dan kegiatan MBKM. Kemudian dilanjutkan dengan  Talkshow dengan materi PKKM, KKN Kebangsaan, dan magang MSIB yang di pimpin oleh moderator,  dan materi tersebut dibawakan oleh mahasiswa angkatan 2021 dan 2022. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow dengan materi sharing tips and trick mengikuti lomba serta Chem e Car yang dipimpin oleh moderator dan materi tersebut dibawakah oleh mahasiswa angkatan 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang TDPK oleh bapak Rizqy Romadhona Ginting, S.T., M.T., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Penelitian oleh bapak Asful Hariyadi, S.T., M.Eng, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta Awarding. 

Dalam pemaparan pada materi akademik dijelaskan bahwa kegiatan akademik diawali dengan perwalian FRS dimana mahasiswa berkoordinasi dengan dosen wali masing-masing membahas perencanaan kuliah selama semester genap 2024-2025. Apabila mahasiswa telah merencanakan belajar selama kuliah namun ingin menambah atau menghapus dapat dilakukan sampai waktu yang telah ditentukan. Untuk penambahan mata kuliah dapat dilakukan hingga minggu ke-3 (5 - 9 Febuari 2024) dan untuk penghapusan mata kuliah dapat dilakukan hingga minggu ke-7 (4 - 8 Maret 2024). Adapun juga peraturan akademik yang perlu diperhatikan mahasiswa. Mahasiswa dapat mengganti/menambah/membatalkan suatu mata kuliah yang sudahtercantum dalam Formulir Rencana Studi (FRS) dengan persetujuan Dosen Wali. Kesempatan untuk mengganti dan/atau menambah suatu mata kuliah disediakan selama 3(tiga) minggu pertama dalam semester yang berlangsung.Pembatalan suatu mata kuliah dapat dilaksanakan pada minggu ke-7 dalam semester yang berlangsung. Mahasiswa tidak diperkenankan cuti studi berturut-turut lebih dari 2 semester.Mahasiswa yang tidak mendaftar ulang dua semester berturut-turut, ditetapkan dianggap Mengundurkan Diri (MD) melalui Keputusan Rektor. 

Dalam pemparan tentang TDPK dijelaskan  alur jalannya TDPK seperti latar belakang suatu proses, implementasinya (letak pabrik, market dll), dampak secara sosial, aspek safety dan lingkungan, serta mampu menjelaskan filosofi pengendalian proses, diagram alir, perancangan rinci untuk alat utama suatu proses dan perancangan cepat untuk alat-alat lainnya, dengan menjustifikasi pertimbangan dan asumsi yang diambil serta melakukan rujukan standar yang sesuai,  menginterpretasi data yang tersedia untuk keperluan perancangan, evaluasi ekonomi suatu proyek investasi,  mengkomunikasikan laporan tugas prarancangan dengan benar secara tertulis dan lisan dan Mampu bekerjasama dalam tim. Kemudian, dijelaskan tentang syarat pendaftaran TDPK yaitu mahasiswa aktif, jumlah sks lulus minimal 120 sks, telah menempuh mata kuliah Desain Pabrik Kimia minimal D, dan pengerjaan terdiri dari 1 - 2 orang. Kemudian, dijelaskan tentang  judul tugas akhir yaitu judul TA berdasarkan kesepakatan antara mahasiswa dan dosen pembimbing, judul TA tiap kelompok harus berbeda, tidak di izinkan untuk menggunakan judul TA yang sudah pernah digunakan, dan judul TA harus berupa informasi terkait Bahan baku utama, proses yang digunakan dan produk utama. Kemudian dilanjutkan dengan sturktur proposal dan laporan akhir. Untuk durasi sidang TA sebanyak 150 menit dan seminar proposal sebanyak 70 menit. Untuk timeline laporan tugas akhir yaitu 20 mei 2024 deadline pengumpulan TA, 27 mei - 7 Juni 2024 sidang TA, 12 Juni 2024 batas sidang TA, 14 Juni 2024 batas input nilai TA, 17-21 juni 2024 Yudisium Jurusan, 24-28 juni 2024 Yudisium Institut, 5 oktober 2024 Wisuda. 

Dalam pemaparan tentang penelitian dijelaskan bahwa persyaratan umum yaitu Mahasiswa aktif PSTK ITK,  lulus mata kuliah Bahasa Indonesia, minimal D, Menentukan judul penelitian dan dosen pembimbing 1 semester sebelum MK Penelitian diambil pada GERBANG ITK. Wajib melapor terlebih dahulu ke PSTK ITK, Mengambil MK Penelitian saat akan mengikuti Pameran Hasil Penelitian dan Seminar Hasil Penelitian, MK Penelitian dibuka pada Semester Gasal maupun Semester Genap. Riset PSTK ITK yaitu advance material, Energy & Environment, chemical proses Technology, dan Natural and food product. Kemudian, Wajib membuat laporan kemajuan bulanan yang disetujui oleh dosen pembimbing. Pengumpulan dan format di s.itk.ac.id/log_penelitian2023, Memaparkan gap penelitian dan mengaitkan novelty penelitian pada Laporan Riset, Bebas plagiasi minimal dibawah 30% dengan Turnitin, Jurnal acuan yang digunakan harus minimal 10 tahun terakhir, Minimal memiliki 2 tujuan penelitian dengan masing-masing setidaknya memiliki?3-5 variabel bebas. Kemudian, konversi MBKM yaitu Kegiatan Magang dapat dikonversi menjadi MK Penelitian (4 SKS), mahasiswa wajib membaca terlebih dahulu Panduan MBKM ITK, magang yang dilakukan harus berkorelasi dengan keilmiahan teknik kimia, Melaporkan rencana kegiatan konversi kepada Dosen Wali dan PIC MBKM PSTK ITK (Ibu Memik D. Pusfitasari, M.T.) dengan membuat Surat Keterangan Konversi, Jika telah diizinkan, silahkan melakukan registrasi ke PIC Penelitian, Pelaksanaan Seminar Hasil akan dijadwalkan maximal 1 minggu setelah laporan penelitian telah dikumpulkan.

Video Terkait :