OPEN TALK AKADEMIK – Berkenalan dengan Koordinator Program Studi Baru dan Sistem Akademik Semester Genap 2022/2023

Teknik Kimia - 13 Februari 2023 - 12:00 AM

Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Kalimantan menyelenggarakan kegiatan Open Talk dan Sosialisasi Akademik bagi mahasiswa Program Studi Teknik Kimia pada Jumat (10/02/2023). Materi utama yang dibahas meliputi prosedur FRS, perencanaan akademik, pengenalan MBKM, etika mahasiswa, dan awarding untuk mahasiswa dengan IPK tertinggi setiap angkatan. Dengan pemateri Dr. Eng. Lusi Ernawati, M.Sc. selaku Koordinator Program Studi Teknik Kimia ITK.

 

Kegiatan diawali dengan pengenalan dari Ibu Dr. Eng. Lusi Ernawati, M.Sc. sebagai Koordinator Program Studi Teknik Kimia ITK yang baru dengan masa kepengurusan 2023-2027. Dilanjutkan penyampaian visi misi dan jajaran dosen yang mengajar selama kegiatan akademik PSTK ITK.

 

Dalam pemaparan pada materi akademik dijelaskan bahwa kegiatan akademik diawali dengan perwalian FRS dimana mahasiswa berkoordinasi dengan dosen wali masing-masing membahas perencanaan kuliah selama semester genap 2022-2023. Apabila mahasiswa telah merencanakan belajar selama kuliah namun ingin menambah atau menghapus dapat dilakukan sampai waktu yang telah ditentukan. Untuk penambahan mata kuliah dapat dilakukan hingga minggu ke-3 (6 Maret 2023) dan untuk penghapusan mata kuliah dapat dilakukan hingga minggu ke-7 (3 April 2023). Adapun juga peraturan akademik yang perlu diperhatikan mahasiswa. Mengenai evaluasi tahap persiapan pada akhir semester dua, 18 sks dari 36 sks yang telah ditempuh di tahap persiapan mendapat IP ≥ 2,0. Pada akhir semester empat, telah menempuh seluruh beban studi tahap persiapan dengan IP ≥ 2,0 dan nilai minimal C. Mengenai tahap sarjana mahasiswa yang telah 12 semester belum berhasil menyelesaikan beban studi sebanyak 144 sks, termasuk Tugas Akhir. Materi diakhiri dengan penyampaian rekomendasi perencanaan studi mahasiswa PSTK dari semester 1 – 8 dan syarat kelulusan PSTK ITK.

 

Program studi Teknik Kimia ITK merupakan salah satu pelopor dari pelaksanaan MBKM di ITK. Kontribusi aktif PSTK ITK ini juga merupakan perwujudan dari peningkatan mutu perguruan tinggi guna memfasilitasi, mendorong dan mempercepat PSTK ITK mencapai tujuannya yang tercermin dalam 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama yang ditetapkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Disisi lain, iklim prestasi di PSTK ITK juga perlu dikembangkan dan menjadi peluang bagi program studi mengembangkan proses Pendidikan yang juga didukung oleh rekognisi program MBKM. Faktanya, banyak mahasiswa PSTK yang memiliki passion untuk mewujudkan karya besar yang dikompetisikan di tingkat nasional/internasional atau karya dari ide yang inovatif. Idealnya, studi/ proyek independen dijalankan untuk menjadi pelengkap dari kurikulum yang sudah diambil oleh mahasiswa. PSTK ITK juga ingin menginisiasi program proyek independen untuk mengakomodir prestasi mahasiswa yang kedepannya akan terekognisi dengan konversi SKS matakuliah baik wajib maupun pilihan.

 

Pada pemaparan etika mahasiswa disampaikan bahwa dalam menghubungi dosen perlu memperhatikan waktu mengirim pesan (apabila tentang akademik hanya saat jam kerja dan hari kerja), menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dimulai dengan sapaan, menuliskan identitas minimal berupa nama dan NIM, menuliskan keperluan dengan jelas dan singkat, mengucapkan maaf untuk menunjukkan kerendahan hati anda dan mengakhiri dengan ucapan terima kasih.

 

Kegiatan diakhiri sesi tanya jawab dan awarding untuk mahasiswa dengan peraih IPK tertinggi Angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022. Adapun mahasiswa yang mendapat awarding tersebut yaitu Evelin Winata (05191023) dengan IPK 3.79, Muhammad Zulfikar (05201058) dengan IPK 3.68, Ariesta Robiatul Alifia Aziza (05211011) dengan IPK 3.73, dan Muhammad Rafly Fadillah (05221074) dengan IPK 3.61. Harapannya dengan adanya awarding tersebut mahasiswa semakin semangat dalam belajar dan meningkatkan IPK mahasiswa PSTK ITK.

 

Semoga kegiatan ini dapat memberikan semangat mahasiswa PSTK ITK untuk terus melanjutkan estafet prestasi menjadi generasi yang #Unggul&Terpercaya!