MENGAGUMKAN - Tim Dosen Teknik Kimia ITK Berhasil Meraih Pendanaan Matching Fund 2023

Prestasi - 17 April 2023 - 12:00 AM

Program Hibah Kompetitif Nasional dari platform Kedaireka yakni MATCHING FUND merupakan salah satu cara untuk mengimplementasikan Program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar yang diharapkan mampu mendorong terbentuknya ekosistem kolaborasi yang lebih erat dan terakselerasi antara kampus, Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA). Kompetisi hibah nasional tersebut diikuti oleh seluruh akademisi di Indonesia yang saat ini telah dibuka pada 3 periode waktu. Pada proposal Program MF Tahun 2023 Periode ke-2 melalui platform kedaireka.id mulai tanggal 24 Februari dan  ditutup 10 Maret 2023 pukul 23.59 WIB ini telah  diusulkan oleh Insan Dikti/Diksi hingga mencapai 1.500 proposal. Dalam iklim yang sangat kompetitif tersebut, tak elak membakar semangat para dosen muda Teknik Kimia ITK untuk turut serta berpartisipasi.

Hasil torehan tercapai setelah melampaui serangkaian seleksi, maka Tim Matching Fund yang diketuai oleh Bapak Fadhil M. Tarmidzi, M.T. beserta ketiga dosen lainnya yakni Ir. Adrian Gunawan, M.T. ; Azmia Rizka Nafisah, M.T. dan Rizka Lestari, M.T. telah dinyatakan lolos meraih program pendanaan penelitian pada skema A2 (Hilirisasi Kepakaran untuk Menjawab Kebutuhan DUDI). Adapun mitra yang terlibat kerjasama pada program ini yaitu PT. Kaltim Refinery Nusantara yang juga telah lama memiliki hubungan erat dengan PSTK ITK.

Penelitian kolaboratif yang diusung berjudul "Pemurnian Garam Hasil Samping Produksi Biodiesel" dengan misi besar adalah peningkatan kapasitas produksi dan optimalisasi produk samping hasil pengolahan biodiesel untuk memperoleh nilai tambah di PT. Kaltim Refinery Nusantara. Program ini direncanakan akan diselesaikan dalam jangka waktu 1 tahun.

Selamat kepada Tim Dosen MF PSTK ITK dan semoga hasil karya kolaboratif tersebut akan mampu memberikan sumbangsih penerapan IPTEK berkelanjutan dan semakin memantapkan PSTK sebagai program studi yang unggul dan terpercaya.