ASPEN HYSYS WORKSHOP “PROCESS DESIGN AND SIMULATION IN CHEMICAL ENGINEERING”

Teknik Kimia - 06 Juni 2023 - 12:00 AM

Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi kalimantan (ITK) pada semester Genap 2022-2023 melakukan Pelatihan Aspen Hysys yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia ITK dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITK. Pelatihan ini mengangkat tema “PROCESS DESIGN AND SIMULATION IN CHEMICAL ENGINEERING” yang ditujukan untuk mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2019, 2020, dan 2021. Pelatihan ini dilaksanakan di Lab Komputer A Laboratorium Terpadu ITK. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menambah pengetahuan mahasiswa Teknik Kimia ITK tentang Aspen HYSYS. Aspen Hysys Merupakan software simulasi proses yang umum digunakan di kalangan akademisi maupun insinyur Teknik Kimia untuk melakukan simulasi proses termasuk didalamnya merancang, optimalisasi, dan analisis proses.

            Pelatiahan ini dilaksanakan pada tangggal 3 Juni 2023 dan berlangsung selama 8 jam, Pemateri pada kesempatan kali ini yaitu Dr. Rendra Panca Anugerah, S.T. selaku dosen Teknik Kimia ITS. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Program Studi Teknik Kimia ITK  yaitu Ibu Dr. Eng. Lusi Ernawati, M.Sc.

 

Selanjutnya, dilakukan pretest dengan tujuan untuk menguji tingkat pengetahuan mahasiswa/i terkait ASPEN HYSYS.

 

Agenda selanjutnya yaitu Penyampaian materi oleh bapak Dr. Rendra Panca Anugerah, S.T dan mahasiswa masing - masing mempraktikkan langsung software ASPEN HYSYS dibantu dengan asisten akademik.

 

Pada akhir kegiatan dilakukan post test untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami materi yang telah disampaikan.

 

Kegiatan ditutup dengan dokumentasi dan penyerahan plakat oleh bapak Rizqy Romadhona Ginting, S.T., M.T. kepada bapak Dr. Rendra Panca Anugerah, S.T selaku pemateri pada pelatihan ASPEN HYSYS.

 

Diharapkan dengan diadakannya pelatihan Aspen HYSYS mahasiswa/i Teknik Kimia ITK angkatan 2019, 2020, dan 2021 dapat memahami konsep-konsep Teknik Kimia yang digunakan dalam mendesain proses dan melatih kemampuan untuk melakukan simulasi proses menggunakan software Aspen Hysys sehingga dapat mempermudah penyelesaian permasalahan selama kegiatan kerja praktik maupun penyelesaian tugas akhir.